Pembelajaran Course Review Horay aktifitas belajar lebih banyak berpusat pada siswa. Dalam hal ini pada proses pembelajaran guru hanya bertindak sebagai penyampai informasi, fasilitator dan pembimbing. Suasana belajar dan interaksi yang menyenangkan membuat siswa lebih menikmati pelajaran sehingga siswa tidak mudah bosan untuk belajar.
Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
Informasi kompetensi, sajian materi, tanya jawab untuk pemantapan, siswa atau kelompok menuliskan nomor sembarang dan dimasukkan ke dalam kotak, guru membacakan soal yang nomornya dipilih acak, siswa yang punya nomor sama dengan nomor soal yang dibacakan guru berhak menjawab jika jawaban benar diberi skor dan siswa menyambutnya dengan yel hore atau yang lainnya, pemberian reward, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi.
- Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya jawab.
- Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa.
- Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan salah diisi tanda silang (x).
- Siswa yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya.
- Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh.
- Kesimpulan.
- Penutup.
Pembelajarannya menarik mendorong untuk dapat terjun ke dalamnya.
Melatih kerjasama.
Kekurangan:
Siswa aktif dan pasif nilainya disamakan.
Adanya peluang untuk curang.
Kelemahan :
a. Siswa aktif dan pasif nilainya disamakan.
b. Adanya peluang untuk curang.
Contoh Materi yang sesuai :
Kelas 6 (Bumi Dan Alam Semesta) dan (Ciri Khusus Makhluk Hidup Dan Lingkungan Hidupnya).
Contoh :
Tata surya adalah suatu tatanan atau sistem yang terdiri atas matahari dan benda-benda langit yang mengitarinya. Benda-benda langit yang mengitari matahari antara lain : planet, asteroid, meteoroid, komet dan satelit.
- Planet
- Merkurius
- Venus
- Bumi
- Mars
- Yupiter
- Saturnus
- Uranus
- Neptunus
Alasan
Menurut kelompok kami materi tata surya ini sangat cocok atau sesuai dengan metode course review horay dan di samping itu juga model pembelajaran tersebut mengutamakan pembelajaran aktif, menarik dan menyenangkan karena menggunakan permainan-permainan. Pembelajaran yang dirancang Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.
Contoh RPP Model Course Review Horay
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan menjelasakan fungsinya (kelelawar, cecak, bunglon)
Indikator
1. Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
2. Menjelaskan fungsi ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bunglon)
2. Siswa dapat mendefinisikan fungsi dari ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bunglon)
3. Siswa dapat memahami ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan fungsinya
Materi Pelajaran (Materi Pokok)
Ciri-ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan hidupnya (ciri khusus pada hewan)
Model Pembelajaran
Course Review Horay Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya Jawab
- Kelompok
1. Kegiatan Awal
- Mengucapkan salam
- Mengkondisikan kelas
- Berdo’a
- Absensi
- Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran
- Siswa mempersiapkan materi atau bahan ajar
- Siswa memperhatikan apersepsi guru
- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari
- Guru memperlihatkan gambar hewan kelelawar, cecak, dan bunglon
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk tanya jawab
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, untuk mengetahui pemahaman, siswa disuruh membuat 9 kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing
- Guru membaca soal secara acak dan siswa masing-masing kelompok menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskuskan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan salah diisi tanda silang (x)
- Siswa yang sudah mendapat tanda benar (v), harus berteriak horay atau yel-yel lainnya
- Kemudian guru dan siswa bersama-sama menghitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh.
- Kelompok yang paling banyak meneriakkan horay maka kelompok tersebut yang menjadi pemenang.
- Guru memberikan pemantapan tentang materi yang telah dipelajari
- Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
Media Pembelajaran
1. Gambar-gambar hewan
2. Buku kajian siswa
Sumber Belajar
Buku IPA (Jendela Sains Lingkungan Dan Alam Sekitar), Kelas 6 Penulis oleh Sri Harmi, penerbit oleh Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Penilaian
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
3. Penilaian : - Soal
- Kunci jawaban
Soal :
1. Jelaskan bagaimana cecak menagkap mangsanya ?
2. Mengapa cecak dapat berjalan di tempat yang licin tanpa terpeleset ?
3. Jelaskan bagaimana kelelawar memproleh makanan ?
4. Sebutkan ciri-ciri dari kelelawar ?
5. Bagaimana cara cecak mempertahankan dirinya dari musuh ?
6. Bagaimana cara bunglon mempertahankan dirinya dari musuh ?
7. Sebutkan ciri-ciri bunglon dan fungsinya ?
8. Sebutkan jenis-jenis cecak ?
9. Kenapa mata bunglon disebut mata khusus ?
Kunci Jawaban :
1. Cecak menangkap mangsanya dengan cara merayap di tempat yang terang dan menggunakan lidahnya yang panjang dan lengket untuk menangkap mangsanya.
2. Karena di bawah jari-jari kaki cecak terdapat lapisan pelekat yang memungkinkan dapat berjalan di tembok, pohon dan di tempat licin tanpa jatuh.
3. Kelelawar menangkap mangsanya dengan cara mengeluarkan bunyi frekuensi tinggi dan menggunakan bunyi pantul untuk membantunya terbang di kegelapan dan untuk menangkap makanannya.
4. Ciri-ciri kelelawar :
- Mempunyai 4 jari yang panjang
- Ibu jarinya pendek dan berkait
- Jari kakinya besar
- Bercakar panjang dan melengkung
6. Cara bunglon mempertahankan dirinya yaitu mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna sekitarnya.
7. Ciri-ciri bunglon dan fungsinya :
- Ekor fungsinya untuk memegang mangsa
- Jari-jari kaki fungsinya berpegang pada ranting dan menjaga keseimbangan
- Lidah fungsinya untuk menangkap mangsa
- Mata khusus fungsinya untuk melihat dua arah
- Cecak pohon
- Cecak raksasa atau tokek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar